THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

29 Juli 2010

JAKARTA MACET, BIASA AJA KALEEE.........?

Jakarta macet? udah biasa mas.
Pada jam jam sibuk orang orang akan berangkat bekerja maupun pulang kerja dari/ke Jakarta dari bodetabek dengan menggunakan sarana transportasi masing masing pasti akan mengalami kemacetan di beberapa titik persimpangan. Karena memang begitu adanya, dimana banyak sekali instansi dan perusahaan yang pegawainya ada di luar jakarta atau bodetabek, coba kalau instansi dimanapun berada dan pegawainya tidak jauh dari instansinya kemacetan tetep akan terjadi di sekitar instansi/perusahaannya. Jadi kenapa tetep macet.
karena memang kedisiplinan pengguna jalan, angkutan umum yang tidak memadai dan para pemimpin hanya membuat aturan yang bukan menyelesaikan masalah tetapi menambah masalah.
Tanpa disadari kebijakan pembangunan perumahan yang berada di luar Jakarta, dan juga memang tanah di Jakarta sangat mahal membuat para pekerja/pegawai di Jakarta mencari tempat tinggal yang terjangkau harganya walau akhirnya akan terjebak macet di jalanan bahkan di Toll menuju Jakarta.
Pemda DKI sejak Januari 2009 memberlakukan peraturan siswa sekolah di Jakarta masuk jam 06.30, apakah ada pengurangan terhadap jalanan jakarta di pagi hari?
Sekarang malahan ada rencana pembatasan penggunaan sepeda motor di jalur Protokol Sudirman/Gatot Subroto pada jam jam tertentu.........apa?
Gimana ceritanya seorang yang tempat bekerjanya yang melewati Jalur itu bisa sampai ke kantornya sedangkan sarana transportasi yang ada masih amburadul? bagaimana jadinya yang kerjanya sebagai pengantar surat/ekspedisi selalu menggunakan kendaraan sepeda motor.
Busway, program pemda DKI aja masih belum maksimal di jalur yang sudah lama tersedia, selain bisnya masih kurang, jadwalnya sudah tidak bisa dipercaya lagi. kalaupun bisa naik busway pada jam sibuk, pastilah berdesak desakan dan kalau tunggu bis berikutnya jadi terlambat sampai kantor. jalur Tanjung Priuk - Cililitan, sampai sekarang belum dipergunakan atau belum ada bisnya, tapi sarana prasarananya sudah banyak yang rusak atau dirusak oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Setidaknya, semua aturan yang dibikin pemerintah pusat maupun daerah memiliki maksud baik, tetapi alangkah bagusnya bila mau membenahi sarana/jalur dan bis transjakarta yang sudah ada , perbanyak bisnya dan perbaiki mental aparat di jalanan.
Bagaimana supaya jakarta tidak macet :
- Tambah bis tranjakarta di tiap koridor.
- Kembalikan rumah murah di Jakarta, atau Kerja di Jakarta ada rumah di Jakarta.
- Pusat pemerintahan (ibu Kota Negara), pindahkan ke Daerah lain.


Ada pengamat transportasi yang tidak setuju dengan Pemindahan pusat pemerintahan, karena nantinya jakarta tidak akan terurus lagi? Lha Indonesia itu khan bukan Jakarta saja(wong sampai sekarang Pemerintah pusat di Jakarta aja , Jakarta tidak terurus), semua kota di Indonesia harus diperhatikan oleh pemerintah pusat. Dan pemerintah Kota masing masinglah yang mengelola dengan baik. Serahkan pada ahlinya......??????

0 komentar: