THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

02 Agustus 2010

redenominasi apa itu?






Tahun 70an, masih ingat akan uang koin 5 rupiah angka terkecil yang bisa saya belikan. paling tidak dapat 2 kerupuk atau permen atau makanan kecil lainnya, tetapi Uang koin 1 rupiah, 2 rupiah sudah ditolak oleh warung di dekat rumah. Tapi di tahun 2010an ini uang koin terkecil yang bisa dibelanjakan adalah 500 rupiah yang tentunya uang koin 100 rupiah, 200 rupiah sudah ditolak juga ama warung, apalagi 50 rupiah. Pengamen aja minimal dikasih uang koin 500 rupiah, coba kasih pake 50, 100 atau 200 rupiah pasti dibuang atau dilemparkan begitu saja.

Seiring berjalannya waktu, istilah redenominasi muncul kembali setelah 40 tahunNegara Tercinta ini pernah membuat kepustusan/kebijakan yang sama dimana nantinya akan ada perubahan nilai rupiah dari 1 Juta Rupiah menjadi 1.000 rupiah atau mungkin 100 rupiah.


Namun yang perlu adalah sosialisasi dan persiapan yang matang apabila kebijakan redenominasi akan diterapkan, bagi para pemilik Uang yang sangat berlebih, hal ini tidak akan ada berpengaruh apa apa, tetapi bagi rakyat kecil yang tidak punya apa apa akan sangat terpukul dengan kebijakan seperti ini. Dimana akan banyak sekali rakyat kecil yang menjerit atau bahkan sampai bunuh diri karena uangnya yang tadinya bernilai juta juta menjadi ratus ratus doang. Apalagi kalau yang menghadapin pimjaman di rentenir, bisa gawat rakyat kecil yang tidak ngerti aturan seperti ini.

Sebenarnya rakyat Indonesia sekarang sudah pintar dan banyak sekali yang sudah melek teknologi, jadi berita mengenai redenominasi banyak didapat dari banyak sekali sumber. Tetapi mental dan kesiapan jiwa karena kebiasaan menghadapi uang rupiah ini yang harus dipersiapkan, termasuk kestabilan ekonomi dan nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Coba bayangkan bila kita naik angkot biasa bayar 2000 rupiah, dengan aturan uang baru menjadi 2 rupiah atau yang lebih ekstrim penghasilan bulanan sebesar 1,5 juta rupiah menjadi 1.500 rupiah?
Dengan angka rupiah akan terjadi kemerosotan angka kekayaan, tetapi bagai mana dengan nilai tukar terhadap dollar Amerika?

Dengan asumsi saat ini nilai Dolar terhadap rupiah per 1 Dollarnya adalah 9.000 rupiah apabila terjadi redenominasi nilai tular 1 Dollar sama dengan 9 Rupiah, atau tetep 9000 Rupiah hehehehe...........kalau seperti ini pasti banyak yang bunuh diri.
kita tunggu aja dan persiapkan mental dengan kebijakan baru dari BI mengenai rupiah kita ini, karena kalau kebijakan ini dijalankan tentunya dompet kita tidak perlu tebal tebal membawa uang dan rupiah dengan nilai tertinggi cukup 1000 rupiah atau 10.000 rupiah, kalau mau 100 rupiah seperti mata uang dollar Amerika tertinggi.

0 komentar: