THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

03 Agustus 2010

Angkutan umum di Jakarta

Angkutan umum di Jakarta banyak dan bermacam macam, namun kenyamanan dan keselamatan sangat kurang sehingga banyak masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor. Akibatnya angkutan umum terutama angkot/Metromini lebih banyak berjalan dengan sedikit penumpang bahkan kosong dan ngetem/berhenti sembarangan (dekat perempatan atau mall) sehingga menambah kemacetan Jakarta, penumpang akan ramai hanya pada jam tertentu.

Angkutan umum yang ada maupun yang pernah ada di jakarta diantaranya :

1. Ojek Sepeda, biasa ditemui di sekitar Stasiun Kota? beos dan Tanjung Priuk.
Kendaraan ramah lingkungan berbahan bakar nasi pecel, ditambah pengojek yang bernafas bukan dengan paru paru tetapi dengan ngos ngosan.


2. Ojek Motor, mulai marak setelah krisis ekonomi tahun 1998. Disetiap sudut kota Jakarta, pasar dan perumahan ada banyak tukang ojek mencari nafkah. ada yang kerja paruh waktu hanya mencari tambahan, ada pula yang memang profesinya pengojek.


3. Bentor, masih ada di seputaran Poncol Senen. Silahkan anda bermain ke Pasar loak disekitar poncol persisnya di belakang Stasiun pasar Senen.


4. Becak, walau sudah dilarang, masih bisa ditemui di Jakarta. Padahal di tahun 80-an becak hasil razia dibuang ke tengah laut untuk dijadikan rumpon bagi ikan ikan di per kep seribu/tlk Jakarta.


5. Helicak, pernah Jadi kendaraan Favorit di Jakarta tahun 70 - an.


6. Bemo, walau sudah dilarang, masih bisa ditemui di daerah tertentu di Jakarta seperti buaran dan bendungan hilir.


7. opelet, tahun 60-70 masih jadi andalan angkutan umum Jakarta dan pernah jadi maskotnya cerita si doel anak betawi.


8. Bajaj, sejak tahun 80-an menguasai Jakarta diimpor dari negeri India, saat ini memang ada bajaj ramah lingkungan dengan berbahan bakar BBG seperti ini:


tetapi bajaj lama(asli)berwarna oranye masih bersliweran dan menguasai Jalanan Jakarta. bahkan Bajaj punya istilah tidak ada yang tahu Bajaj akan berbelok kecuali pengemudinya dan tuhan, soalnya si Bajaj ini suka main belok tiba tiba tanpa lihat ke belakang tentunya.



9. Angkot (angkutan Kota), ada di tiap sudut dengan beberapa jenis/merk kendaraan dengan trayek di dalam kota tentunya..


10. taxi, tahun 70-an President taxi yang berwarna orange menguasai di Jakarta, sekarang tentunya taxi blue bird dan kawan kawan yang kita tumpangi.




11. Metro Mini, Warna Oranye (kelakuan sama dengan bajaj warna oranye)Inilah yang namanya raja jalanan di Jakarta, Bis ukuran tanggung ini lebih tepatnya disebut roller coaster jalanan. Dengan gaya penyupiran menyamping (supir tidak lurus menghadapi stir), ngebut, zigzag kejar setoran tapi sering tidak sampai terminal, penumpang diturunin suruh pindah bis lainnya yang arah terminal.


12. Bis PPD, nasibnya mati segan hidup tak mau, kalaupun anda masih lihat di Jalanan Jakarta bis PPD tersebut sudah tidak dioperasikan oleh PPD tetapi oleh pihak swasta yang bekerja sama dengan PPD (Dijual tapi operasional dan trayek masih menggunakan nama PPD)


bahkan pernah ada bis tingkat PPD melaju di Jalanan Jakarta, dan menghilang di akhir tahun 2000an.



13. Bis mayasari bakti, menguasai jalur basah trayek jakarta bahkan sampai ke Depok, Tanggerang dan Bekasi.


14. Transjakarta, idola baru angkutan Jakarta karena menggunakan Jalur khusus yang seharusnya lancar, namun masih belum memenuhi harapan masyarakat Jakarta. Selain itu jumlah kendaraan bis di tiap koridor masih kurang . Cililitan - priuk bagaimana?


Transjakarta gandeng, seperti yang ada di Jalur Kp.Melayu-Ancol.



15. KRL, masih menjadi angkutan massal dari luar jakarta dan mulai ada peningkatan pelayanan dengan menambah KRL AC ekonomi yang tarifnya sekarang dari Bekasi 6000 rupiah, sedangkan dari Bogor 7000rupiah. Ekonomi tanpa AC, dari bekasi 2500rupiah, dari Bogor 3500 rupiah semua tujuan Jakarta.




16. Monorail, masih angan-angan. baru dibangun tiang untuk jalur monorail.
Seharusnya kita sudah bisa menikmati jalur dan kereta monorail seperti ini.


Tapi kenyataan baru seperti inilah adanya, bahkan pembangunannyapun terhenti sehingga terbengkalai.


17. Waterway, dengan menggunakan speedboat mengarungi sungai di Jakarta yang penuh sampah, akhirnya speed boat banyak yang rusak.yang terlihat sekarang banyak dermaga atau tempat pemberhentian waterway rusak dan terbengkalai.


18. Perahu eretan/penyebrangan, buat yang malas melintasi/berputar dapat menggunakan sarana perahu penyebrangan sebagai pengganti jembatan atau belum ada jembatan. perahu ini bergerak dengan menarik tali yang terpasang melintas sungai.


19. terakhir, kendaraan unik Jakarta angkutan penyelamat di saat banjir, Gerobak.


20. dan yang paling aneh adanya angkutan model begini:
lori dorong, sebuah alat untuk mengangkut penumpang dan barang yang kerap dimanfaatkan oleh warga kampung Dao Atas, Ancol-Jakarta.

0 komentar: