THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

15 Oktober 2009

Nonton Bioskop Gratis

Bioskop Merdeka di Dayeuhkolot pada tahun 70-an adalah satu-satunya bioskop pinggir kota yang mempunya gedung cukup besar dan bukan misbar. Jam pertunjukannya hanya malam hari kira kira 19.00 - 21.00, Film yang diputar bervariasi mulai dari film india. mandarin, koboy atau juga film indonesia. Saat kecil saya tentunya nonton hanya di bioskop itu. Berhubung dekat dengan asrama TNI, maka kebanyakan penontonnya adalah prajurit TNI dan masyarakat sekitarnya. Walaupun harga karcisnya murah (mungkin) setiap karcis bisa untuk 2 orang. kalaupun gak mau beli karcis, begitu film sudah main maka penjaga karcisnya bisa kita kasih uang lebih murah (sogok/ngemel) dari harga tiket, biar kita bisa masuk. Kita yang saat itu anak-anak SD dan tentunya tidak punya uang, banyak akal agar bisa nonton dengan cara :
1. menghampiri pembeli karcis sambil bilang om ikut om, om ikut om. kalau berhasil kita bisa ikut masuk (1 karcis boleh untuk 2 orang).
2. Ngerayu penjaga karcis minta masuk bila film sudah setengah main. lumayan bisa nonton gratis walau cuma setengah main.
3. Mungutin sobekan karcis ( tidak ada tanggal ama nomor tempat duduk), sampai dirumah dilem dan di setrika biar kelihatan baru. karena sering terjadi begitu, lama lama penjaga karcis tau sobekan karcis yg disambung.
4. Sore hari ketika pintu gedung semua terbuka, kami yang masih anak anak bisa leluasa main di sekitar gedung, dan sembunyi di dalam tangga/panggung yang ada di dalam bioskop. Tunggu sampai malam hari, begitu film sudah diputar dan suasana gelap, kamipun keluar dan bergabung dengan penonton lainnya.

Itulah masa kanak kanak yang sangat menyedihkan, pengen nonton serba gratis. sekarangpun maunya yang gratis atau murah, makanya jarang jarang nonton bioskop, jadinya ya beli kaset bajakan.
Seiring dengan runtuhnya perfilman indonesia di akhir thn 90-an. bioskop merdeka inipun ikut tutup dan sekarang sudah beralih fungsi. entah jadi milik siapa dan fungsinya apa. yang jelas sudah gak ada lagi bioskop seperti itu.

0 komentar: